PUSKAPKUM I Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum

Resensi

Mencari Format Sistem Pemerintahan Ideal

Oleh: Annisa Vanka
Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Judul Buku : Teori Sistem Pemerintahan; Pergeseran Konsep dan Saling Kontribusi Antar Sistem Pemerintahan di Berbagai Negara
Penulis : Dr. Fitra Arsil, S.H.
Halaman : xxvi + 298 halaman
Penerbit : Rajawali Pers dan Djokosoetono Research Center FH UI
Cetakan : Pertama, Juli, 2017

Perkembangan studi mengenai sistem pemerintahan di dunia berkembang pesat. Isu yang berkembang saat ini soal sistem pemerintahan yang stabil dan efektif. Tujuannya tidak sekadar soal kepentingan ilmu pengetahuan namun juga untuk berkontribusi dalam praktik sistem pemerintahan di Indonesia.

Praktik sistem pemerintahan telah berkembang sedemikian rupa sehingga dalam hal tertentu sulit untuk membedakan apakah fitur tersebut merupakan fitur milik sistem parlementer ataukah fitur milik sistem presidensial. Di saat bersamaan, muncul pula sistem-sistem alternatif muncul dan semakin meningkat popularitasny, bahkan dapat dikatakan bahwa sistem pemerintahan di dunia tidak harus selalu mengacu pada sistem parlementer seperti di Inggris dan sistem presidensial seperti di Amerika Serikat.

Buku yang mengajukan bukti-bukti terjadinya saling kontribusi antar sistem pemerintahan di dunia ini dibuat dengan melakukan pendekatan perbandingan dalam tulisannya. Perbandingan tersebut bukan saja dibandingkan hanya pada satu dua negara tetapi ke banyak negara di dunia sehingga buku ini dapat menangkap fenomena hukum tata negara secara lebih komprehensif dan aktual.

Melalui buku ini, penulis menangkap terjadinya perubahan signifikan yang juga terjadi terhadap konsep sistem pemerintahan di berbagai negara. Fenomena-fenomena tersebut berusaha penulis paparkan dalam buku ini dengan menampilkan berbagai pengaturan mengenai hal tersebut pada konstitusi berbagai negara di dunia.

Sebelum mengupas lebih dalam tentang sistem pemerintahan, pada bab 1 buku ini membahas tentang teori-teori sistem pemerintahan yang meliputi: Prosedur Demokrasi dalam Konstitusi; Teori Pemisahan Kekuasaan; Pengertian Sistem Pemerintahan; Konsep Sistem Pemerintahan Parlementer; Siklus Sistem Parlementer; Konsep Sistem Pemerintahan Presidensial; Konsep Sistem Pemerintahan Semi Presidensial; dan Konsep Sistem Pemerintahan Kolegial.

Fitur-fitur utama dalam tiap sistem pemerintahan dibahas pada bab 2 buku ini, meliputi fitur-fitur utama sistem pemerintahan parlementer, presidensial, dan semi presidensial. Instabilitas sistem pemerintahan yang mendorong terjadinya saling kontribusi antar sistem pemerintahan berbagai negara penulis paparkan pada bab 3 buku ini. Sehingga pembaca mengetahui dasar serta latar belakang terjadinya saling kontribusi sistem pemerintahan di berbagai negara.

Seiring berkembangnya zaman, permasalahan dalam suatu negara juga semakin kompleks. Banyak cara yang dilakukan dalam rangka mereduksi permasalahan dalam pembentukan dan pengelolaan pemerintahan untuk menjaga stabilitas pemerintahannya. Diantaranya yaitu dengan upaya melakukan reformasi konstitusi mengenai sistem pemerintahan yang dianut. Untuk menjaga stabilitas sistem pemerintahan, berbagai aturan hukum dibuat terutama di dalam konstitusinya, uniknya adalah aturan-aturan tersebut merupakan modifikasi antara fitur-fitur sistem pemerintahannya dengan fitur-fitur dari sistem pemerintahan lain.

Hal yang menarik dari buku ini dapat ditemukan pada Bab 4 yang isinya menjelaskan mengenai saling kontribusi antar sistem pemerintahan. Penulis menganalisis reformasi sistem pemerintahan di dunia yang terjadi secara pesat yang memperlihatkan fenomena terjadinya saling kontribusi antar sistem pemerintahan, yaitu gejala presidensialisasi di sistem parlementer maupun sebaliknya. Materi pada bab ini meliputi: Aturan Hukum Menuju Sistem Parlementer dengan Periode Tetap; Aturan Hukum Membuat Siklus Baru dalam Koalisi Pemerintahan di Sistem Parlementer; Parlemen Semakin Menentukan dalam Sistem Pemerintahan Presidensial; serta Koalisi Presidensial Kontribusi Sistem Parlementer Untuk Stabilitas Pemerintahan di Sistem Presidensial.

Lebih lengkapnya lagi dalam bab 5 buku ini penulis memaparkan perkembangan penggunaan sistem pemerintahan di Indonesia sejak kemerdekaan hingga saat ini yang juga disertai praktik penggunaan fitur-fitur sistem pemerintahannya. Hingga saat ini sistem pemerintahan di Indonesia terus mengalami perkembangan dan perbaikan agar didapat sistem pemerintahan yang stabil dan efektif. Teori-teori pada bab-bab sebelumnya juga penulis tuangkan pada bab ini. Buku ini memuat potensi dan skenario instabilitas dalam praktik sistem pemerintahan berbagai negara yang dapat digunakan untuk menganalisis masalah pada sistem pemerintahan di Indonesia.

Tidak semua karya tulis hukum dapat dipahami oleh semua kalangan, namun tidak dengan karya dari penulis yang pernah menjadi Staf Ahli Bidang Hukum Tata Negara di lembaga MPR dan DPD ini. Keunggulan lain dari buku yang memiliki cover fresh dan tidak monoton ini yaitu juga dilengkapi dengan glosarium dan indeks yang semakin memudahkan pembaca memahami suatu kata atau istilah.

Buku yang terdiri dari 5 bab ini menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami dan dimengerti sehingga dapat dijadikan bahan referensi bagi mahasiswa fakultas hukum, akademisi di bidang ilmu hukum, para pembentuk kebijakan, maupun kalangan awam hukum dalam menggali ilmu mengenai sistem pemerintahan.

Click to comment

Most Popular

To Top