Siaran Pers

Puskapkum Luncurkan Buku Baru, Kupas Tuntas Kebijakan Hukum Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA – Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin telah melewati usia dua tahun. Sejumlah kebijakan hukum dan publik telah diterbitkan dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini. Catatan penting selama dua tahun patut menjadi pelajaran di masa mendatang.

Perjalanan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf selama dua tahun terakhir ini patut menjadi catatan penting dalam menghadapi tantangan di masa mendatang. Buku “Politik Hukum Era Jokowi-Ma’ruf” ini terbit di momen yang tepat dalam menyongsong tahun baru 2022.

Catatan Politik Hukum Era Jokowi

“Buku ini diharapkan menjadi catatan bersama atas perjalanan kebijakan hukum dan publik selama dua tahun era pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Harapannya, terdapat perbaikan di masa-masa mendatang,” ujar penulis buku, Ferdian Andi, di Jakarta, Selasa (28/12/21).

Buku yang diterbitkan penerbit Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Hukum (Puskapkum) ini berisi tentang perjalanan politik hukum pemerintahan Jokowi-Ma’ruf dalam kurun waktu 2019-2021. Sejumlah tema dibahas dalam buku yang berisi artikel lepas yang dimuat di media massa nasional baik cetak maupun online ini.

Menurut penulis yang juga dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta ini, buku ini membahas sejumlah tema yang menjadi perhatian publik di bidang hukum dan kebijakan publik.

“Sejumlah isu dibahas dalam buku ini, mulai soal sistem presidensial, partai politik, parlemen, pandemi Covid-19, UU Cipta Kerja, hingga persoalan demokrasi dan Pancasila,” papar Direktur Eksekutif Puskapkum ini.

Di sampul belakang buku ini terdapat sejumlah pernyataan dari beberapa tokoh. Seperti dari Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta A. Tholabi Kharlie yang menilai tulisan dalam buku ini menggambarkan dinamika pembentukan hukum dan kebijakan publik.

“Saudara Ferdian Andi dengan sangat baik menyajikan tema berat menjadi ringan dan menarik,” ungkap Tholabi.

Hal senada juga disebut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi yang menilai tidak banyak analisis yang memakai perspektif politik hukum dalam memotret pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Dorong Peningkatan Literasi, Penerbit Puskapkum Tawarkan Kolaborasi Penerbitan Buku

“Dengan bahasa yang renyah, tapi tajam, Ferdian menyoroti lemahnya komitmen politik hukum pemerintahan Jokowi dengan menjadikan studi kasus kebijakan hukum masa pandemi dan UU Cipta Kerja,” beber Burhanuddin.

Buku “Politik Hukum Era Jokowi-Ma’ruf” ini merupakan buku kedua yang diterbitkan penerbit Puskapkum. Lembaga ini memiliki perhatian dalam mendorong literasi bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda di isu hukum dan kebijakan publik.

Sebelumnya, pada tahun 2019, Puskapkum menerbitkan buku “Politik Hukum Era Jokowi” yang berisi catatan perjalanan politik hukum di periode pertama Presiden Jokowi. Buku ini dapat dimiliki melalui toko daring di sejumlah platform digital. [red]

Click to comment

Most Popular

To Top