Jurnal Scripta

Undangan Menulis Jurnal Scripta Puskapkum

Redaksi Jurnal Scripta (Jurnal Kebijakan Publik dan Hukum) sebagai lini bidang penerbitan Puskapkum mengundang para akademisi, peneliti dan penulis untuk turut berkontribusi dalam menulis jurnal perdana Scripta yang akan terbit pada bulan Oktober 2017. Berikut ketentuan penulisan Jurnal Scripta yang diadopsi dari ketentuan penulisan di Jurnal Konstitusi yang diterbitkan Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

____________________________________________________________________________________________________________________

PEDOMAN PENULISAN JURNAL SCRIPTA

PUSAT KAJIAN KEBIJAKAN PUBLIK DAN HUKUM (PUSKAPKUM)

  1. Naskah yang dikirim merupakan karya ilmiah original dan tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Naskah ditulis dalam bahas Indonesia atau bahasa Inggris sepanjang 20-22 halaman, kertas ukuran A4, jenis huruf times Times New Rowman, font 12, dan spasi1,5. Menggunakan istlah yang baku serta bahasa yang baik dan benar.
  3. Naskah ditulis dalam format jurnal dengan sistem baris kredit (byline).
  • Sistemetaika pembaban artikel Hasil Penelitian mencakup: judul artikel, nama penulis, lembaga penulis, alamat lembaga penulis, alamat email penulis, abstrak, kata kunci, pendahuluan (berisi latar belakang masalah, permasalahan, dan metode penelitian), pembahasan (berisi hasil penelitian, analisis, dan sub-sub bahasan), kesimpulan (berisi simpulan dan saran), dan daftar pustaka.
  • Sedangkan sistematika pembaban artikel Kajian Konseptual mencakup: Judul Artikel, Nama Penulis, Lembaga Penulis, Alamat Lembaga Penulis, Alamat Email Penulis, Alamat Email Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Pembahasan (analisis dan sub-sub bahasan), Kesimpulan (berisi simpulan dan saran) dan Daftar Pustaka.
  1. Judul artikel harus spesifik dan lugas yang dirumuskan dengan maksimal 12 kata (bahasa Indonesia), 10 kata (bahasa Inggris), atau 90 ketuk pada papan kunci, yang menggambarkan isi artikel secara komprehensif.
  2. Abstrak (abstrac) ditulis secara gamblang, utuh dan lengkap menggamabrkan esensi isi kesleuruhan tulisan dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masing-masing satu paragraf.
  3. Kata kunci (key word) yang dipilih harus mencerminkan konsep yang dikandung artikel terkait sejumlah 3-5 istlah (horos).
  4. Cara pengacuan dan pengutipan menggunakan model catatan kaki (footnote):
  • Kutipan Buku: Nama Penulis, judul buku, tempat penerbitan, nama penebrit, tahutn terbitan, halaman kutipan.

Contoh:

A.V. Dicey, An Introduction to Study of The Law of The Constitution, 10th ed, English Languange Book Society,    London: Mc Millan, 1968, h. 127

Moh. Mahfud MD, Perdebatan Hukum Tata Negara Pasca Amandemen Konstitusi, Jakarta: LP3ES, 2007, h.17

  • Kutipan Jurnal: Nama penulis, “judul artikel”, nama jurnal, volume, nomor, bulan dan tahun, halaman kutipan.

Contoh:

Arief Hidayat, “Politik Hukum Konstitusi dan Fenomena Absnetia Vooter dalam Pemilu di Indonesia, Jurnal Konstitusi, Volume 1, Nomor 1, Juni 2009, h.20

  • Kutipan makalah/paper/orasi ilmiah: Nama Penulis, “Judul Makalah”, nama forum kegiatan, tempat kegiatan, tanggal kegiatan, halaman kutipan.

Contoh:

Yuliandri, “Membentuk UU Berkelanjutan dalam Penataan Sistem Ketatanegaraan, Naskah Pidato Pebgukuhan  Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, Universitas Andalas, 23 Juli 2009, h. 5

  • Kutipan Internet/Media Online: Nama penulis, “Judul Tulisan”, alamat portal (website/online), tanggal diakses/unduh

Contoh:

R Ferdian Andi R, “Mengatru Relawan Politik”, http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/16/03/29/o4sjlb21-mengatur-relawan-politik, diunduh 3 Agustus 2017.

  1. Daftar Pustaka memuat daftar buku, jurnal, makalah/paper/orasi ilmiah baik cetak maupun online yang dikutip dalam naskah, yang disusun secara alfabetis (a to z) dengan susunan: nama penulis (mendahulukan nama keluarga/marga), tahun, judul, tempat penerbitan.

Contoh

Arief Hidayat, 2009, “Politik Hukum Konstitusi dan Fenomena Absnetia Vooter dalam Pemilu di Indonesia”, Jurnal Konstitusi, Volume 1, Nomor 1, Juni 2009, h.20

  1. Naskah dalam bentuk file document (.doc) dikirm via email ke alamat email redaksi paling lambat 31 Agustus 2017: scripta@puskapkum.org di-cc ke: lorenly_nainggolan@gmail.com
Click to comment

Most Popular

To Top